Batas Usia Anak yang Menyebabkan Batalnya Wudhu Ketika Bersentuhan Kulit

benangmerahdasi
Read Time2 Minutes, 8 Seconds

Benangmerahdasi Batas Usia Anak yang Menyebabkan Batalnya Wudhu Ketika Bersentuhan Kulit. Kali ini akan mengulas tentang  berapakah batas usia anak (laki-laki dan perempuan) yang menyebabkan batalnya wudhu ketika bersentuhan kulit (bagi selain mahram).

BENANG MERAH
NO : 00389
FIQIH BAB KELUARGA
Batas Usia Anak yang Menyebabkan Batalnya Wudhu Ketika Bersentuhan Kulit 

Hallo Benang merah
WA : 0813 8445 1265
WA : 0899 8605 999


Sail : Asrori Latif

Pertanyaan :
Berapakah batas usia anak (laki-laki dan perempuan) yang menyebabkan batalnya wudhu ketika bersentuhan kulit (bagi selain mahram) ?


Mujawib : Muhammad El Kaff

Jawaban :

Batasan umur antara laki laki dan perempuan yang mengakibatkan batalnya wudhu ketika bersentuhan kulit menurut pandangan fiqih adalah khilaf :

1) Menurut pendapat yang shohih , dalam penentuan batal dan tidaknya , tidak ditentukan dengan umur tetapi ketika sudah sampai pada batas menimbulkan syahwat ( Haddus syahwat ) menurut Urf ( adat kebiasaan ) orang yang memiliki perwatakan normal .

2) Menurut pendapat Syekh Yusuf As Sanbalawie :

a) Apabila sudah mencapai u`mur 7 tahun keatas maka membatalkan wudhu

b) Apabila berumur 5 tahun kebawah , tidak membatalkan wudhu.

c) Apabila umur 6 tahun maka bisa membatalkan dan bisa tidak, (membatalkan apabila menimbulkan syahwat, dan tidak membatalkan apabila belum menimbulkan syahwat)


Referensi :

1) Minhajul Qowim Hal : 17

ﻭﻻ ﻳﻨﻘﺾ ﺻﻐﻴﺮ ﺃﻭ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺑﺤﻴﺚ ‏( ﻻ ﻳﺸﺘﻬﻰ ‏) ﻋﺮﻓﺎ ﻏﺎﻟﺒﺎ ﻟﺬﻭﻯ ﺍﻟﻄﺒﺎﻉ ﺍﻟﺴﻠﻴﻤﺔ ﻓﻼ ﻳﺘﻘﻴﺪ ﺑﺎﺑﻦ ﺳﺒﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻹﺧﺘﻼﻓﻪ ﺑﺎﺧﺘﻼﻑ ﺍﻟﺼﻐﺎﺭ ﻭﺍﻟﺼﻐﺮﺍﺕ ﻭﺫﻟﻚ ﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺍﻟﺸﻬﻮﺓ ﺣﻴﻨﺌﺬ .

Tidak membatalkan bersentuhan antara anak laki laki dan perempuan , apabila keduanya belum sampai batas menimbulkan syahwat menurut urf ( kebiasan ) bagi orang orang memiliki perwatakan normal . dan tidak dibatasi dengan umur 7 tahun atau lebih karena perbedaan umur anak baik laki laki maupun perempuan dan karena belum adanya perkara yang menimbulkan syahwat .

2) I’anatut tholibin Juz 1 Halaman 64

‏( ﻗﻮﻟﻪ ﻣﻦ ﻻ ﻳﺸﺘﻬﻰ ﻋﺮﻓﺎ ‏) ﺃﻯ ﻋﻨﺪ ﺃﺭﺑﺎﺏ ﺍﻟﻄﺒﺎﻉ ﺍﻟﺴﻠﻴﻤﺔ ﻭﻻ ﻳﺘﻘﻴﺪ ﺑﺴﺒﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﻻﺧﺘﻼﻑ ﺫﻟﻚ ﺑﺈﺧﺘﻼﻑ ﺍﻟﺼﻐﺎﺭ .

Perkataan : seseorang yang tidak menimbulkan syahwat menurut urf : menurut orang orang yang punya perwatakan normal dan tidak dibatasi dengan umur 7 tahun karena perbedaan umur dengan istilah anak anak .

3) Mirqodus Su’ud at Tashdiq Halaman 12

ﺍﻷﺟﻨﺒﻴﺔ ﻣﻊ ﻛﺒﺮ ‏) ﻳﻘﻴﻨﺎ ﻓﻼ ﺗﻨﻘﺾ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﻻ ﺗﺸﺘﻬﻰ ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﻓﻲ ﻣﻈﻨﺔ ﺍﻟﺸﻬﻮﺓ . ﻭﺍﻟﻤﺮﺟﻊ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺸﺘﻬﺎﺕ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ……..

ﻭﻗﺎﻝ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﻳﻮﺳﻒ ﺍﻟﺴﻨﺒﻼﻭﻯ : ﻓﺈﺫﺍ ﺑﻠﻎ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺳﺒﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻨﻘﺾ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ ﺫﻛﺮﺍ ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﺃﻧﺜﻰ . ﻭﺇﺫﺍ ﺑﻠﻎ ﺧﻤﺲ ﺳﻨﻴﻦ ﻓﻼ ﻳﻨﻘﺾ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ ﻭﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺑﻠﻎ ﺳﺖ ﺳﻨﻴﻦ ﻓﻔﻴﻪ ﺧﻼﻑ : ﻓﻘﻴﻞ ﻳﻨﻘﺾ ﻭﻗﻴﻞ ﻻ . ﻫﺬﺍ ﻳﺮﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﻃﺒﺎﻉ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺣﺘﻰ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺇﺫﺍ ﺑﻠﻎ ﺧﻤﺲ ﺳﻨﻴﻦ ﻓﻘﺪ ﻳﻨﻘﺾ ﻟﻤﻦ ﻳﺸﺘﻬﻴﻬﻰ ﻭﻻ ﻟﻐﻴﺮﻩ .

Menyentuh kulit bukan muhrim , tidaklah membatalkan wudhu (menyentuh kulit anak perempuan yang belum di syahwati) karena dia bukanlah tempatnya syahwat , sedang pendapat yang diunggulkan dalam permasalahan disyahwati adalah berdasarkan adat kebiasaan ( urf ) orang yang normal secara mental…

Baca Juga: Fiqih Hubungan Suami Istri (Mani yang Keluar Setelah Mandi Junub)

Syekh Yusuf As Sanbalawie berpendapat : apabila anak sudah mencapai umur 7 tahun maka dapat membatalkan berdasarkan kesepakatan kaum laki laki dan perempuan .

Apabila mencapai umur 5 tahun maka tidak membatalkan berdasarkan kesepakatan , apabila mencapai umur 6 tahun maka terjadi perbedaan : satu pendapat mengatakan hal itu membatalkan widhu, sementara pendapat lain mengatakan hal itu tidak membatalksn wudhu.

Dan perbedaan tersebut berdasarkan pada mental seseorang, sehingga anak umur 5 tahun terkadang bisa membatalkan bagi orang orang yang sudah tergerak syahwatnya dan tidak membatalkan bagi orang yang tidak tergerak syahwatnya .

Hasil kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info pondok pesantren dan kegiatan grup DASI bisa anda kunjungi di Santridasi.com

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Hukum Talaq Melalui SMS

Benangmerahdasi  –Hukum Talaq Melalui SMS. Pertanyaan dari saudara Ayah Sakinahtun Nazwa beliau menanyakan bagaimana hukum talaq melalui SMS BENANG MERAH NO : 00390 FIQIH MUNAKAHAT [ Tentang Hukum Talaq Melalui SMS ] Hallo Benang merah WA : 0813 8445 1265 WA : 0899 8605 999 Sail : Ayah Sakinahtun Nazwa […]

Berlangganan Sekarang