Hikmah Al Imam abu Hamid al Ghozali

Benangmerahdasi Hikmah Al Imam abu Hamid al Ghozali. Imam Ghozali berkata:”…Maka keyakinanmu bahwa engkau lebih baik dari orang lain adalah kebodohan yang fatal.

oleh karena itu sebaiknya engkau tidak melihat siapapun kecuali engkau menganggap ia lebih baik darimu, dan bahwa kelebihan dan keutamaan ada padanya, bukan pada dirimu yang penuh kekurangan. Sesuai Hikmah Al Imam abu Hamid al Ghozali

Jika melihat anak kecil katakanlah didalam hatimu,”Dia ini tidak banyak maksiat kepada Allah karena masih kecil sedang aku banyak maksiat kepada-Nya, maka jelas ia lebih baik dariku.

Hikmah Al Imam abu Hamid al Ghozali

Jika engkau melihat orang tua berkatalah, “Orang ini menyembah Allah sebelum diriku, maka jelas ia lebih baik dariku. Jika engkau melihat orang lain katakanlah,”Orang ini dikaruniakan sesuatu yang aku tidak mendapatkannya, dia telah mencapai tingkatan yang aku belum mencapainya dan mengetahui ilmu yang aku belum memahaminya, maka bagaimana aku merasa sama dengannya?”

Baca Juga: Wasiat Syaikh Ibnu Atha’illah Tentang Umur dan Zikir

Jika engkau melihat orang bodoh katakanlah,” orang ini bermaksiat kepada Allah karena kebodohannya, sedangkan aku bermaksiat kepada Allah padahal aku berilmu, Karenanya alasan Allah untuk menyaksikan lebih kuat, apalagi aku tidak tahu akhirnku dan akhirannya..?.

Bahkan jika engkau melihat orang kafirpun katakanlah,” aku tidak tahu, mungkin saja dia akan masuk Islam dan diakhiri usianya dengan kebaikan, mungkin dia akan terlepas dari dosa seperti tercabutnya rambut dari bubur, sementara aku belum jelas, aku masih khwatir Allah akan menyesatkan aku lalu aku menjadi kafir dan diakhiri hidupku dengan keburukan.

Dengan demikian, mungkin saja dia menjadi orang yang dekat dengan Allah, sedang aku menjadi orang yang jauh dari-Nya lalu dengan dalil apa aku merasa lebih baik darinya..!”

”Oleh  karena itu, lebih baik engkau sibuk memikirkan akhir kehidupanmu dari pada sombong kepada hamba-hamba Allah yang lainnya.  Tidak ada jaminan bahwa keyakinan dan keimanan yang kau miliki sekarang tidak akan berubah di lain waktu yang akan datang, karena sesungguhnya hanya Allah lah yang Maha menggeggam hati dan membolak balikannya, Dia memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki dan menyesatkan orang yang Dia kehendaki pula..”

(Imam Al Ghazali: Bidayatul Hidayah)

Iinformasi seputar pondok pesantren dan kegiatan santri yang di kelola oleh grup DASI  silahkan kunjungi santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.