Kajian Asbabun Nuzul Ayat 106 Surat Al Baqarah

Benangmerah DASI
Read Time1 Minute, 24 Seconds

BenangmerahDasi Kajian Asbabun Nuzul Ayat 106 Surat Al Baqarah. Melanjutkan kajian Asbabun Nuzul yang telah samapi no 014.

Hari  : Rabu
Oleh : Kang Agus Syahid
No    : 014
Kajian Asbabun Nuzul Ayat 106 Surat Al Baqarah

Ayat 106 Qs Al Baqarah

بسمﷲالرحمن الرحيم 
ماننسخ من أيۃاو ننسهانأت بخير منهااومثلها الم تعلم انﷲعلی كل شیء قدير

Dalam satu riwayat dijelaskan bahwa turunnya wahyu pada Nabi kadang-kadang turun pada malam hari tapi beliau lupa siangnya. Maka Allah turunkan ayat ini sebagai jaminan bawha wahyu Allah tidak akan mungkin terlupakan.

ام تريدون ان تسألوارسولكم كما سإل موسی من قبل ومن يتبدل الكفربالإيمن فقد ضل سواء السبيل 

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rafi’i bin Huraimalah dan Wahab bin Zaid berkata kepada Rosulullah “Hai  Muhammad! Cobalah turunkan kepada kami suatu kitab dari langit yang akan kami baca, atau buatlah sungai yang mengalir airnya, pasti kami mengikuti dan mempercayai tuan. Maka Allah turunkan ayat ini sebagai peringatan agar ummat Islam tidak meniru Bani Isroil dalam mengikuti ajaran Rasul.

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 106 Surat Al Baqarah

Baca juga: Kajian Asbabun Nuzul ayat 104 Surat Al Baqarah

Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa orang kafir qurays meminta kepada Nabi Muhammad SAW supaya gunung shofa dijadikan emas. Maka Nabi bersabda “Baiklah, akan tetapi apabila kamu kufur, gunung ini akan berakibat seperti hidangan yang diminta bani Israil (Sebagaimana tercantum dalam surat Al Maidah 122 sampai dengan 115, kaum Hawariyuun meminta Nabi Isa, agar Allah menurunkan hidangan dari langit. Allah mengabulkan nya dengan ancaman siksaan bagi orang yang kufur) Kaum Qurays menolak syarat tersebut, kemudian pulang. Maka Allah turunkan ayat ini.

Wallahu A’lam Bishawab

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 106 Surat Al Baqarah

Bersambung.. Jangan lewatkan kajian berikutnya, dan bagi anda yang mempunyai pertanyaan silahkan bisa menuliskan di kolom komentar dan akan di respon sesuai urutan yang ada.

Hasil diskusi kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kujungi di Santridasi.com

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Kajian Tajwid Bagian 2 Penjelasan Hukum Membaca Mad Far'i

Benangmerahdasi – Kajian Tajwid Bagian 2 Penjelasan Hukum Membaca Mad Far’i .melanjutkan kajian tajwid kitab ﻫﺪﺍﻳﺔ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﺋﻴﻦ ﻟﺘﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻔﺎﻅ ﺍﻟﻘﺮﺍﻥ. Kitab: ﻫﺪﺍﻳﺔ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﺋﻴﻦ ﻟﺘﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻔﺎﻅ ﺍﻟﻘﺮﺍﻥ No    : 015 Oleh: Umi Asmax Bismillaahirrohmaanirrohiim Semoga dengan kajian ini, kita benar-benar bisa menjadi pembaca Al- Qur’an yang baik dan benar menurut  ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻣﺎﻡ […]

Berlangganan Sekarang