Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah

Benangmerah DASI
Read Time1 Minute, 27 Seconds

Benangmerahdasi – Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah. melanjutkan kajian Asbabun Nuzul yang telah samapi ke no 18.

Oleh: Kang Agus Syahid
No   : 018
Ayat 115 Qs Al Baqarah
Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah

بسم ﷲالرحمن الرحيم 

ولله المشرق والمغرب  فأينما تولّوا فثمّ وجهﷲ  انّﷲ واسع عليم 

Dalam satu riwayat di kemukakan bahwa ibnu Umar membacakan ayat ini kemudian menjelaskan peristiwa nya sebagai berikut:  ketika Rosullah dalam perjalanan dari Mekkah ke Madinah sholat sunnah di atas kendaraan menghadap sesuai denga arah tujuan kendaraanya.

Dalam riwayat lain di jelaskan bahwa turunnya فأينما تولّوا    …, sampai akhir ayat membolehkan kita sholat sunnah di atas kendaraan mengahadap susuai arah tujuan kendaraan.

Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 113-114 Qs Al Baqarah

Riwayat lain juga menjelaskan bahwa ketika Rosulullah hijrah ke Madinnah diperintahkan Allah untuk menghadap ke Baitul Maqdis di waktu sholat Maka gembiralah kaum yahudi. Rasulullah melaksanakan perintah itu beberapa belas bulan lamanya, tetapi dalam hatinya tetap ingin menghadap ke qiblat nya Nabi Ibrihim Mekah, beliau selalu berdo’a kepada Allah sambil menghadap mukanya ke langit, menantikan turunnya wahyu. Maka turunlah ayat. قد نری تقلّب وجهك فی السماء Sampai akhir ayat sehingga mereka berkata ”Apa yang menyebabkan mereka membelok dari qiblat yang mereka hadapi selama ini.? Maka turunlah ayat ini sebagai jawaban atas pertanyaan orang-orang yahudi.

Dalam riwayat lain dijelaskan juga bahwa suatu malam gelap gulita, dalam suatu perjalanan bersama Rosulullah mereka (para perowi hadits) tidak mengetahui arah qiblat. mereka sholat ke arah hasil ijtihad masing-masing. Keesokan harinya mereka kemukakan hal itu kepada Rosul. Maka turunlah ayat ini.

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah

Bersambung.. Jangan lewatkan kajian berikutnya dan bagi anda yang mempunyai pertanyaan silahkan bisa menulis di kolom komentar dan akan di respon sesuai urutan yang ada.

Hasil kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Kajian Ta'liimul Muta'alim Penjelasan Tentang Manfaat Musyawarah

Benangmerahdasi –  Kajian Ta’liimul Muta’alim Penjelasan Tentang Manfaat Musyawarah . Melanjutkan kajian kitab Ta’liimul muta’allim yang telah sampai ke no: 023 Kitab: Ta’liimul Muta’allim No: 013 Oleh: Umy Nana Syarif بسم الله الرحمن الرحيم، Musyawaroh وقال أبو حنيفة رحمة الله عليه : سمعت حكيما من حكماء سمر قند قال “إن واحدا […]

Berlangganan Sekarang