Kajian Asbabun Nuzul Ayat 158 Qs Al Baqarah

Benangmerah DASI
Read Time1 Minute, 26 Seconds

Benangmerahdasi  -Kajian Asbabun Nuzul Ayat 158 Qs Al Baqarah. Melanjutkan kajian Asbabun Nuzul yang telah samapi ke no 022.

Oleh Kang Agus Syahid
No : 022
Qs Al Baqoroh ayat 158

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 158 Qs Al Baqarah

بسم ﷲ الرحمن الرحيم
ان الصفاوالمروۃ من شعاءرﷲ فمن حج البيت اواعتمر فلا جناح عليه ان يطوف بهما ومن تطوع خيرا فإن ﷲ شاكر عليم

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Urwah bertanya kepada Aisyah “Bagaimana pendapatmu tentang firma Alloh ان الصفا والمروۃ hingga akhir ayat .Menurut pendapatku ayat ini menegaskan bahwa orang yg tidak thowaf dikedua tempat itu tidak berdosa “Aisyah menjawab “sebenarnya takwil itu ,hai anak saudariku,tidaklah benar.

Akan tetapi ayat ini turun mengenai kaum Anshor .Mereka yang sebelum masuk islam mengadakan upacara keagamaan kepada Manaf (tuhan mereka) yang jahat, menolak thowaf antara Shofa wal Marwah .Mereka bertanya kepada Rosul “Wahai Rosululloh ,di zaman jahiliyyah kami berkeberatan untuk thowaf di Shofa dan Marwah.

Riwayat lain menjelaskan bahwa Ashim bin Sulaiman bertanya kepada Annas tentang Shofa dan Marwah ,Anas berkata” Kami berpendapat bahwa thowaf antara Shofa dan Marwah adalah upacara di zaman jahiliyyah ,dan ketika islam datang ,kami tidak melakukan lagi.Maka turun lah ayat ini yang menegaskan hukum Sa’i dalam islam

Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 150-154 Qs Al-Baqarah

Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa Ibnu Abbas menerangkan bahwa syaitan di jaman jahiliyyah berkeliaran pada malam hari antara Shofa dan Marwah ,dan di antara kedua tempat itu terletak berhala berhala mereka. Ketika islam datang berkatalah kaum Muslimin kepada Rosululloh ” ya Rosululloh kami tidak akan thowaf antara Shofa dan Marwah ,karena upacara itu biasa kami lakukan di jaman jahiliyyah.

Wallahu A’lam Bishowaf

Bersambung..

Jangan lewatkan kajian berikutnya, dan bagi anda yang mempunyai pertanyaan silahkan bisa mengisi di kolom komentar dan akan di respon sesuai dengan urutan.

Hasil kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 159 dan 164 Qs Al Baqarah

Benangmerahdasi – Kajian Asbabun Nuzul Ayat 159 dan 164 Qs Al Baqarah. Oleh Kang Agus Syahid No : 023 Kajian Asbabun Nuzul Ayat 159 dan 164 Qs Al Baqarah Qs Al Baqoroh 159 بسمﷲ الرحمن الرحيم ان الذين يكتمون ما انزلنا من البينت والهدی من بعد مابينه للناس فی الكتاب […]

Berlangganan Sekarang