Kajian Asbabun Nuzul Ayat 170 dan 174 Qs Al Baqarah

Benangmerahdasi  – Kajian Asbabun Nuzul Ayat 170 dan 174 Qs Al Baqarah. Melanjutkan kajian kitab Asbabun Nuzul yang telah sampai ke bagian 023 Qs Al Baqarah Ayat 170.

No 023
Qs Al Baqoroh ayat 170

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 170 dan 174 Qs Al Baqarah

بسم ﷲ الرحمن الرحيم
واذا قيل لهم اتبعواماأنزل ﷲ قالوا بل نتبع ماالفينا عليه ءاباءنا ﷴ اولو كان ءاباءوهم لايعقلون شيأ ولايهتدون

Ayat ini diturunkan sehubungan dengan ajakan Rosululloh kepada kaum yahudi untuk masuk islam ,serta memberikan kabar gembira ,memperingatkan mereka akan siksaan Alloh serta adzabNya .Rafi’ bin Huraimallah dan Malik bin A uf dari kaum yahudi menjawab ajakan ini dengan berkata “Hai Muhammad ! Kami akan mengikuti jejak nenek moyang kami ,karena mereka lebih pintar dan lebih baik daripada kami.Ayat ini sebagai teguran kepada orang2 yang hanya mengikuti jejak nenek moyangnya

Baca Juga: Kajian Asbanun Nuzul ayat 159, 163, dan 164 Qs Al Baqarah

Qs Al Baqoroh 174

ان الذين يكتمون ماانزلﷲ من الكتاب ويشترون به ثمنا قليلا اولءك مايأكلون في بطونهم الاالنار ولايكلمهم ﷲ يوم القيمۃ ولا يزكهم ولهم عذاب أليم

ayat ini diturunkan tentang kebiasaan kaum yahudi yang menyimpang dari ajaran sebenarnya.Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa ayat ini berkenaan dengan peristiwa : Pemimpin dan ulama yahudi biasa mendapat persembahan dan sanjungan rakyat bawahannya.

Mereka mengharap agar Nabi yang diutus itu diangkat dari kalangan mereka .Ketika Nabi Muhamnad diutus bukan dari kalangan yahudi ,mereka takut kehilangan sumber keuntungan,kedudukan dan pengaruh. Mereka ubah sifat-sifat Muhammad yang ada di kitab taurot dan mengumumkan kepada para pengikutnya dengan berkata “Inilah sifat-sifat Nabi yang akan keluar di akhir zaman dan tidak sama dengan sifat Muhammad ini.

Wallahu A’lam Bishowaf

Bersambung..

Jangan lewatkan kajian berikutnya, dan bagi anda yang mempunyai pertanyaan seputar kajian silahkan menulis di kolom komentar dan akan di respon sesuai dengan urutan yang ada.

Hasil Kajian Fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi
Info Seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.