Kajian Asbabun Nuzul Ayat 186 Qs Al Baqarah

Benangmerahdasi  – Kajian Asbabun Nuzul Ayat 186 Qs Al Baqarah. Melanjutkan kajian Asbabun Nuzul yang telah samapi ke Atat 186 Qs Al Baqarah.

oleh kang agus syahid
no: 025
QS . AL Baqoroh 186

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 186 Qs Al Baqarah

بسم ﷲ الرحمن الرحيم واذا سألك عبادی عنی فإنی قريب أجيب دعوۃ الداع اذا دعان فليستجيبوا لی وليوءمنوابی لعلهم يرشدون

ayat ini diturunkan berkenaan dengan datangnya seorang arab Badui kepada Kanjeng Nabi yang bertanya “Apakah tuhan kita itu dekat,sehingga kami dapat munajat memohon kepada Nya ,atau jauh,sehingga kami harus menyeru Nya? Nabi terdiam,hingga turunlah ayat ini sebagai jawaban terhadap pertanyaan itu.

Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 178 dan 184 Qs Al Baqarah 

Menurut riwayat lain ayat ini turun sebagai jawaban terhadap beberapa sahabat sahabat yang bertanya kepada Kanjeng Nabi : Di manakah Tuhan kita?. Menurut riwayat lain lagi ayat ini turun berkenaan dengan sabda Kanjeng Nabi”Janganlah kalian berkecil hati dalam berdoa ,karens Alloh telah berfirman “Ud’uni astajib lakum”,

Berkatalah seorang diantara mereka “Wahai Rosululloh ! Apakah tuhan mendengar doa kita atau bagaimana? sebagai jawabannya maka turunlah ayat ini. Diriwayatkan oleh ibnu ‘Asakir yang bersumber dari Ali. Menurut sumber lain ,setelah ayat “Waqola rabbukum ud’ uni astajib lakum ” para sahabat tidak mengetahui bilamana yang tepat untuk berdoa. maka turunlah ayat 186 ini.

Bersambung..

Wallahu A’lam Bishowaf

Jangan Lewatkan Kajian berikutnya.

Hasil Kajin fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjung di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kujungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.