Kajian Asbabun Nuzul Ayat 188 dan 189 Qs Al Baqarah

Benangmerhadasi  – Kajian Asbabun Nuzul Ayat 188 dan 189 Qs Al Baqarah

kajian Asbabun Nuzul
oleh    : Kang Agus Syahid
Nomer: 027

Qs Al Baqoroh 188

بسمﷲ الرحمن الرحيم
ولاتأكلوااموالكم بينكم بالباطل وتدلوابها الی لحكام لتأكلوا فريقا من اموال الناس بالاثم وانتم تعلمون

Ayat ini turun berkenaan dengan Imriil bin Qois bin Abis dan Abdan bin Asyma’ al Hadromi yang bertengkar soal tanah .Imriil qous berusaha untuk mendapatkan tanah itu menjadi miliknya dengan bersumpah di depan hakim .Ayat ini sebagai peringatan kepada orang2 yang merampas hak orang lain dengan jalan bathil

Diriwayatkan oleh ibnu abi hatim bersumber dari said bin jubair

Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul ayat 187 Qs Al Baqarah

QS Al Baqarah 189

بسم ﷲ الرحمن الرحيم

يسألو نك عن الأهله قل هي مواقيت للناس والحج وليس البر بأن تأتواالبيوت من ظهورها ولكن البر من اتقی وأتواالبيوت من ابوابها واتقوا اﷲ لعلكم تفلحون

Yas alunaka anil ahillah sampai linnasi walhajji diturunkan sebagai jawaban terhadap banyaknya pertanyaan kepada Rosululloh tentang peredaran bulan.

Menurut riwayat lain orang orang bertanya kepada Rosululloh “untuk apa diciptakan bulan sabit?” maka turunlah ayat ini sebagai penjelasan.

Menurut riwayat lain ayat ini berkenaan dengan pertanyaan Muadz bin Jabal dan Tsalabah bin Ghunamah kepada Rosululloh “Ya Rosululloh, mengapa bulan sabit itu mulai timbul kecil sehalus benang, kemudian bertambah besar hingga bundar dan kembali seperti semula tiada tetap bentuk nya?
sebagai jawabannya maka turunlah ayat ini.

Walaisal birru bi anta’tul buyuta min dhuhuriha sampai akhir ayat diturunkan berkenaan dengan kebiasaan orang jahiliyyah sepulang menunaikan ihram di Baitulloh memasuki rumahnya dari pintu belakang.

Menurut riwayat lain ,orang orang Qurays yang diberi julukan al Hams (ksatria) menganggap baik apabila melakukan ihram masuk dan keluar melalui pintunya, akan tetapi Kaum Anshor dan orang orang Arab lain masuk keluar tidak melalui pintunya.

Menurut riwayat lainnya ayat ini berkenaan dengan kaum anshor yang apabila pulang dari perjalanan ,tidak masuk rumah melalui pintunya.

Wallahu A’lam Bis Showaab

Bersambung..

Hasil Kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.