Kajian Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 102

Benangmerah DASI
Read Time1 Minute, 13 Seconds

Benangmerahdasi – Kajian Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 102. melanjutkan kajian Asbabun Nuzul yang telah sampai ke no 11.

Oleh: Kang Agus Syahid
No   : 011
Kajian Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 102

Ayat 102 QS Al-Baqarah

بسمﷲالرحمن الرحيم 
واتبعواماتتلواالشيطين علی ملك سليمن وماكفرسليمن ولكنّ الشيطين كفروا يعلّموان الناس السحروماانزل علی الملكين ببابل هروت ومروت وما يعلّمان من احد حتّی يقولاانّمانحن فتنۃ فلاتكفر فيتعلموان منهما ما يفرقون به بين المرء وزوجه وما هم بضآرّين به من احد الا بإذنﷲ ويتعلّمون مايضرهم ولاينفعهم ولقد علموالمن اشتراه ماله فی الأخرۃمن خلاق ولبءس ماشروابه انفسهم لو كانوا يعلمون

Dala suatu riwayat dijelaskan bahwa kaum yahudi berkata ”Lihatlah Muhammad yang mencampur baurakan antara haq dengan bathil yaitu menerangkan Sulaiman (nabi) digolongkan pada kelompok nabi nabi, padahal ia seorang ahli sihir yang mengendarai angin” Maka Allah menurunkan ayat ini yang menegaskan bahwa kaum yahudi lebih mempercayai syaitan dari pada Iman kepada Allah.

Dalam riwayat lain di jelaskan bahwa kaum yahudi bertanya kepada Nabi Muhammad beberapa kali tentang beberapa hal dalam Taurot. Semua pertanyaan mengenai Taurot di jawab Allah dengan menurunkan ayat. Ketika itu mereka menganggap bahwa ayat tersebut dirasakan sebagai bantahan terhadap mereka, mereka berkata dengan sesamanya, ”Orang ini lebih mengetahui daripada kita tentang apa yang diturunkan kepada kita”.

Baca juga: kajian asbabun nuzul ayat 99, 100, 101 Surat Al Baqarah

Diantara masalah yang ditanyakan kepada Nabi ialah tentang sihir, dan mereka berbantah-bantahan dengan Rosululloh tentang itu. Maka Allah menurunkan ayat ini berkenaan peristiwa ini.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Abi Aliah.

Wallahu A’lam Bishawab

Kajian Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 102

Bersambung..  Jangan lewatkan kajian berikutnya, dan bagi anda yang punya pertanyaan silahkan bisa menuliskan di kolom komentar dan akan di respon sesuai urutan yang ada.

Hasil diskusi fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

KH Bisri Syansuri Biografi Pendiri NU Bagian 5

Benangmerahdasi – Guru Mulia KH Bisri Syansuri Biografi Pendiri NU Bagian 5. Melanjutkan kajian ASWAJA biografi pendiri NU bagian 5 Guru Mulia KH Bisri Syansuri. Kajian ASWAJA Oleh: Bu Shuniyya Ruhama Biografi Pendiri NU Bagian 5 Guru Mulia KH Bisri Syansuri KH Bisri Syansuri Biografi Pendiri NU Bagian 5 Pendiri Nahdlatul Umala- (Denanyar-Jombang) – […]

Berlangganan Sekarang