Kajian Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 80

Benangmerah DASI
Read Time56Seconds

Benangmerahdasi.com – Kajian Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 80. Melanjutkan kajian Asbabun Nuzul yang telah sampai di bagian 008.

Kajian Asbabun nuzul
Oleh: Kang Agus Syahid
No   : 008

Ayat ke 80 surat Al Baqoroh

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa ayat ini turun ketika itu atau di waktu Rosulullah sampai Madinah, kaum yahudi berkata “Umur dunia ini tujuh ribu tahun. Manusia di siksa tiap seribu tahun dari hari dunia ini sehari di yaumil akhir, sehingga jumlahnya hanya tujuh hari saja dan setelah itu putuslah siksaan itu. Maka turunlah ayat ini sebagai bantahan dan peringatan kepada orang-orang yang menganggap dirinya lebih tau dari Allah.

Baca juga: Tafsir Surat Al Baqarah ayat 79

Dalam riwayat lain di jelaskan bahwa ayat ini turun sehubungan dengan ucapan kaum yahudi yang berkata “Kita tidak akan masuk neraka kecuali beberapa hari saja, selama kita menyembah anak sapi, yaitu empat puluh hari sesuai sumpah kita. Dan apabila sudah habis maka putuslah siksaan terhadap kita.

Diriwayatkan oleh ibnu jarir dari ad dlahhak yang bersumber dari ikrimah, ibnu Abbas dan lain -lain

Wallau ‘Alam Bishawab
Bersambung ke kajian berikutnya..
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa pembaca kunjungi di Santridasi.com

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Kemuliaan Ilmu Bagi Manusia Kajian Ta'liimul Muta'allim

Benangmerahdasi – Kemuliaan Ilmu Bagi Manusia Kajian Ta’liimul Muta’allim. melanjutkan kajian kitab Ta’liimul Muta’allim yang telah sampai di bagian yang ke 03. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته No : 003 Hari: Selasa Oleh: Umy Nana Syarif Kemuliaan Ilmu Bagi Manusia Kajian Ta’liimul Muta’allim بسم الله الرحمن الرحيم Kemuliaan Ilmu وشرف العلم لا […]

Berlangganan Sekarang