Kajian Tasawuf Antara Akal dan Dorongan yang Menggerakkan Anggota Tubuh

Benangmerahdasi  – Kajian Tasawuf Antara Akal dan Dorongan yang Menggerakkan Anggota Tubuh. Melanjutkan kajian Tasawuf yang sudah samapi di bagian ke  021.

Kitab: Kimi’aussa’adah
Karangan: Imam Ghazali
Nomor: 021

Kajian Tasawuf Antara Akal dan Dorongan yang Menggerakkan Anggota Tubuh

بسم الله، والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن تبع سنته واكتفى آثاره وبعد:

Seandainya Allah menciptakan akal yang mengenali akibat sesuatu perkara tanpa menciptakan dorongan yang menggerakkan anggota tubuh sesuai kehendak akal, niscaya si akal tak akan dapat mewujudkan keinginanya.

Hati manusia memiliki keistimewaan yang berupa ilmu dan keinginan(irodah)yg tidak dimiliki oleh hewan. Berbeda dengan bayi, ia tidak memiliki dua hal tersebut pada awal-awal kehidupannya,karena ilmu dan kehendak ini baru muncul dengan fungsinya yang sempurna setelah ia menginjak dewasa. Adapun nafsu, amarah, rasa lahiri dari perasaan batini dimiliki oleh bayi.

Untuk mendapatkan ilmu dan kehendak(irodah)ia harus melewati dua fase, yaitu:
Pertama, ia memiliki(ilmu)naluri yang sangat sederhana, seperti kesadarannya mengenai hal-hal yg tak mungkin dan hal-hal yang mungkin. Adapun hal-hal yg memerlukan kerja otak, ia belum memiliki. Begitupun, dalam Perkembangannya ia akan sampai kepadanya, sesuatu yang disebut ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Kajian Tasawuf tentang ilmu lahiri dan Iradah

Seperti halnya seorang sekretaris yang tidak mengerti perihal administrasi, dan yang ia katahui terbatas pada alat tulis,tempat tinta dan beberapa huruf yang belum tersusun.
Kedua, Pada fase ini si anak memperoleh ilmu melalui aktifitas coba-coba(trial and error)dan penalaran.

Cara seperti ini merupakan perbendaharaan(refrensi) bagi si anak, dan jika ia membutuhkan, ia akan mengulanginya, merujuk kepadanya.
Keadaan seperti ini sama halnya dengan orang yang disebut sekretaris, sekalipun dengan kemampuannya tersebut ia tidak berprofesi sebagai penulis.

Besambung..
Jangan lewatkan kajian berikutnya… bagi anda yang mempunyai pertanyaan silahkan bisa mengisi di kolom komentar, dan akan di respon sesuai dengan urutan.

Senin 15 Januari 2018
Aba Abror Al Muqoddam

Hasil kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.