Kajian Tasawuf Tentang Rahmat yang di Anugerahkan Kepada Manusia

Benangmerahdasi  – Kajian Tasawuf Tentang Rahmat yang di Anugerahkan Kepada Manusia. Melanjutkan kajian tasawuf kitab kimi’aussa’adah yang telah samapi ke no 023.

Kitab: Kimi’aussa’adah
Muallif: Imam Ghozali Ra
Oleh    : Aba Abror Al Muqoddam
Nomor: 023

Kajian Tasawuf Tentang Rahmat yang di Anugerahkan Kepada Manusia

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسوله الأمين، وآل بيته الطيبين الطاهرين، وعلى صحابته الغرالميامين. وبعد:

Begitulah, si janin tidak akan mengetahui keadaan anak-anak, anak-anak tidak akan mengetahui keadaan mumayyiz(tingkatan usia diatasnya) serta ilmu-ilmu instingtif yg terbuka untuknya.

Demikian juga seorang mumayyiz, ia tidak mengetahui keadaan orang-orang yang berakal (ilmuwan) serta perangkat-perangkat keilmuan yang mereka usahakan. Begitu juga seorang ilmuwan, ia tidak mengetahui sebagian keutamaan dan rahmat Allah yang hanya dibukakan bagi para wali dan nabi-nabi-Nya.

Baca Juga: Kajian Tasawuf tentang tingkatan-tingkatan manusia (maqom)

مايفتح الله للناس من رحمة فلاممسك لها ومن يمسك فلامرسل له من بعده وهوالعزيزالحكيم(فاطر 2)

“Apa-apa yang Allah bukakan untuk manusia dari rahmat-Nya,tak seorang juapun yang mampu menahannya, dan apa saja yang di ikat (ditahan oleh-Nya), maka tak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksana”(QS. fathir:2).

Rahmat ini dianugerahkan-Nya semata-mata karena kedermawanan dan kemuliaan Allah. Dan ia hanya tampak dalam hati yang terbuka (siap) menerima rahmat tersebut, sebagaimana sabda Rasulullah saw:

إن لربكم في أيام دهركم لنفحات ألافتعرضوالها(متفق عليه)

“Sesungguhnya tuhanmu memiliki anugerah-anugerah pada masa-masa kehidupannya. Oleh sebab itu, siap sedialah. “(Muttafaqun aleyh).
Adapun wujud kesiapan menerima rahmat tersebut adalah dengan membersihkan dan menyucikan hati dari kotoran dan noda yang diakibatkan oleh akhlak yang buruk. Uraian hal ini akan kami utarakan kemudian. Bersambung..

Aba Abror Al Muqoddam

Jangan lewatkan kajian selanjutnya, bagi anda yang mempunyai pertanyaan seputar fiqih atau yang lain bisa anda tulis di kolom komentar dan akan di respon sesuai dengan urutan yang ada.

Hasil kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa anda kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.