Kitab ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Para Ulama Sebagai Pelita)

Benangmerahdasi  – Kitab ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Para Ulama Sebagai Pelita). Melanjutkan Kajian Kitab  ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. yang sudah sampai di bagian  019.

No: 019
Kitab: ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
Hal   : 41 – 42
Oleh : Shuniyya Ruhama

Bismillahirrohmanirrohim…
Segala puja kita panjatkan bagi Gusti Allah, Peramut Semesta Alam.

Sholawat juga salam semoga senantiasa terhatur kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang senantiasa kita cadhong syafa’at beliau semenjak terciptanya dunia ini, saat ini, hingga di dunia yang akan tiba; beserta keluarga beliau, ahlul bait Rosulullah, dzurriyah dan para pecinta beliau. Juga kepada para shohabat, tabi’in, tabi’it tabi’in, ulama sholih, syuhada’ dan para mushonnif al mukhlashin. Semoga kelak kita bersama mendapatkan syafaat Kanjeng nabi, gemrudug beramai-ramai masuk surga, selamat dari neraka dan mendapat ridlo Ilahi. Aamiin ya robbal ‘alamiin…

Amma ba’du:

Telah dhawuh Al Mushonnif Guru Mulia Abuya Kyai Haji Ahmad Abdul Hamid Kendal (1915-1998 M), semoga Gusti Allah merohmati beliau dan kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah dari ilmu-ilmu Guru Mulia…

Aamiin aamiin aamiin ya robbal ‘alamiin…
_______________________________

TANYA:
Kami orang awam jaman sekarang , supaya selamat dunia akhirat, harus ikut siapa?

JAWAB:

Harus mengikuti Para Ulama / Kyai- Kyai Ahlus sunnah wal jama’ah yang telah masyhur ke’alimannya, ibadahnya, dan wirainya. Sebagaimana perintah Gusti Allah dalam Al Quran Surat Fathir : 28, yang artinya: sesunggunya orang yang takut kepada Gusti Allah dari hambaNya yakni para Ulama.

Baca Juga: Kajian ASWAJA No: 18 (Anjuran mengikuti para Ulama’)

Juga firman Gusti Allah dalam surat Al Isra’ ayat 107-109 “ Sesungguhnya orang-orang yang telah diberi ilmu sebelum turunnya Al Quran , ketika Al Quran dibacakan kepada mereka akan sungkem bersujud . Dan meraka berkata: Maha suci Tuhan Kami. Sejatinya janji Tuhan Kami pasti terlaksana. Dan mereka sungkem bersujud dengan menangis serta Al Quran tersebut menambah khusyuknya.
_______________________________
Juga tersebut dalam hadits: Abi Hafsh bercerita, beliau mendengar dari Sahabat Anas Bin Malik bertitah, Kanjeng Nabi bersabda: Padanan Ulama di bumi adalah sebagaimana bintang-bintang di langit yang digunakan sebagai petunjuk (sinarnya) di waktu gelapnya daratan dan lautan. Ketika bintang tersebut pudar maka mengkhawatirkan orang yang mengambil petunjuk tersebut akan tersesat.

Dari Sahabat Utsman bertitah: Kanjeng Nabi telah bersabda: Ada 3 golongan yang akan memberi syafaat kelak di hari Kiamat: (1) Para Nabi, (2) Para Ulama, (3) Para Syuhada.

Tersebut juga dalam Hadits Bukhori Kanjeng Nabi bersabda: Manusia kelak di hari kiamat digiring (dikumpulkan) bersama orang yang dicintainya (golongannya ketika hidup di dunia).

Kitab ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Para Ulama Sebagai Pelita)

Bersambung..

Hasil Kajian fiqih dan kitab kuning DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info pondok pesantren dan sejarah nusantara bisa anda kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.