Pengertian Orang Ma’rifat

Benangmerahdasi – Pengertian Orang Ma’rifat. orang yang ma’rifat ( العارف ) adalah orang yang mengerti bahwa kesulitan, ‘kesusahan’ dan kekerasan hidup yang dialaminya adalah bentuk kasih sayang dan kelembutan dari Gusti Alloh ta’ala. Dan dia sadar meskipun berbuat keburukan tapi Alloh tetap memberikan berbagai anugrah kebaikanNya.

Pengertian Orang Ma’rifat

 ( الامام الشاذلي قدس الله سره )

Bukan orang yang bisa terbang, bukan dia yang tepat tebakannya, bukan dia yang memiliki banyak pengikut.

Baca Juga: Sepuluh sifat hewan anjing yang terpuji

bikin hidup lebih hidup

Kawan, hidup bukanlah rumus matematik saja, juga bukan aksi reaksi fisika, bukan pula rumus reaksi kimia. Apalagi teori–teori Adam Smith belaka.

Kawan… Banyak kata dan petuah cendikia ulama. Mereka berijtihad salahpun tak ada landrat. Dari A sampai Z pendapat fuqaha. Mintalah guru untuk memilihkan. Bersihkan hatimu untuk diminta fatwa.

Kawan… Jangan bertengkar berebut jabatan. Sebab khasad merayap tak kasat. Berdamailah dengan dirimu karena itu syarat berdamai dengan lingkunganmu. Lembutkan hati rasamu untuk menuju zat yang Maha lembut.

Kawan… dirimu diriku bukanlah apa apa jika masih merasa sebagai apa. Leburkan kesadaran adamu pada yang Maha Ada, niscaya engkau akan selalu ada.

oleh: mbah yai ubaidilah

Hasil diskusi kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa pembaca kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa pembaca kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.