Perbedaan Antara dua jenis Pengetahuan (bagian 2)

Perbedaan Antara dua jenis Pengetahuan (bagian 2)

Benangmerahdasi.com – Melanjutkan kajian tasawuf yang masih membahas tentang perbedaan antara dua jenis pengetahuan, kali ini sampai di bagian yang ke-2

KAJIAN TASAWUF
Kitab: Kimi’aussa’adah
Mu’allif: Imam Ghazali Ra
Nomor: 049


Perbedaan Antara dua jenis Pengetahuan yang ke-2

الحمدلله بجميع المحامد، الصلاة والسلام على خيرشاكروحامد، سيدنامحمدوآله وأصحابه الأماجد. وبعد:

2.Sebagaimana seorang insinyur(ahli tekhnik) yang mampu menggambar gedung diatas kertas putih, lalu mewujudkannya sesuai dengan bentuk gambar tersebut,

maka demikian pula pencipta langit dan bumi, ia telah membuat patron sejak awal sampai akhir dalam lauhil mahfudz. Lalu ia keluarkan menjadi suatu wujud sesuai patron yang bersangkutan.

Dari alam wujud yang sama dengan patronnya tersebut, lahirlah bentuk lain yang sesuai dengannya pada khayal dan indera. Sehingga, seorang yang melihat langit dan bumi, lalu memejamkan matanya, niscaya akan tampaklah bentuk(gambaran)benda-benda tersebut dalam khayalannya, seolah-olah ia melihat isinya.

Seandainya langit dan bumi tersebut telah tiada, dan bentuk(gambar)tersebut ditinggalkan dalam jiwanya, sungguh ia akan mendapatkan bentuk(gambar)langit dan bumi tersebut dalam jiwanya,

seolah-olah ia(benar-benar) menyaksikan dan melihat keduanya. 
Lalu bentuk yang berada dalam alam khayal tersebut dikirim kehati, sehingga sampailah hakikat sesuatu yang terdapat dalam perasaan dan khayal tersebut didalam hati. 


Apa yang berada dalam hati sesuai dengan alam yang berada dalam khayal. Apa yang berada dalam khayal sesuai dengan apa yang berada dalam wujud sebenarnya, yang berada diluar khayal dan hati orang yang bersangkutan. Begitu juga, alam wujud sesuai dengan patron yang terukir dalam lauhil mahfudz.

Maka alam inipun, secara susul menyusul, seakan-akan memiliki 4 tingkatan wujud, yaitu:

1.Wujud pada lauhil mahfudz. Wujud ini lebih dahulu ada, sebelum wujud konkrit lahir
2.Wujud hakiki
3.Wujud khayali, yaitu wujud dalam khayalan
4.Wujud ‘aqli, yaitu wujud yang berada dalam hati. 

Sebagian wujud-wujud tersebut berupa wujud jasmani(fisik), dan sebagian yang lain berupa wujud rohani(non fisik), dengan tingkat kerohanian yang berbeda-beda. Sebagian lebih tinggi tingkat kerohaniannya daripada yang lain.

Jangan lewatkan kajian sebelumnya yang membahas tentang Perbedaan antara dua jenis pengetahuan

Bagi pembaca yang ingin mengetahua tentang Info seputar pondok pesantran dan edukasi bisa mengunjungi di Santridasi.com

Senin, 24 Desember 2018
Aba Abror Al Muqoddam

Semoga kajian ini bermanfaat untuk kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published.