Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara

Benangmerahdasi – Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara.

A. Profil Pesantren

Nama  : Pondok Pesantren Al Fatah
Alamat: Jl. S. Parman 56 Banjarnegara, Jawa Tengah
Telfon : (0286) 591773
Pendiri: KH. Abdul Fatah
Tahun  Berdiri: 1901
Pengasuh: KH, Hasyim Hasan
Ciri Khas: Kajian Kitab Kuning (Fiqih).

Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara

Pada tahun 1901, sekembalinya dari ziarah dan menuntut ilmu agama di Madinah Munawwaroh, KH. Abdul Fatah mendirikan balai pendidikan di masa penjajahan Belanda. KH. Abdul Fatah adalah seorang ulama yang tak mau diajak kompromi oleh penjajah Belanda.

KH. Abdul Fatah adalah teman dekat KH Hasyim Asy’ari, HOS Cokroaminoto dan KH Wahab Hasbulloh. Dengan dukungan para santrinya, balai pendidikan ini diubah menjadi pondok pesantren. pada kurun waktu selanjutnya, santri beliau tidak hanya dari penjuru tanah air, namun juga dari Johor Malaysia.

Dalam mengembangkan pesantren ini, KH Abdul Fatah di bantu oleh Kyai Shobirin, Kyai Damanhuri dan KH. Hasan Fatah. Pada tahun 1941, KH. Abdul Fatah wafat. Karena pada waktu itu keadaan Indonesia sedang sulit, sementara putra beliau Hasan Fatah dan Ridlo Fatah terjun dalam barisan Hizbulloh maka pesantren ini mengalami kemunduran.

Sebagai upaya membangun kembali peninggalan KH. Abdul Fatah, putra-putra dan cucu-cucu beliau membangun sarana prasarana pondok pesantren dan memperbaikai asrama dan masjid yang mengalami kerusakan.

Organisasi kelembagaan al Fatah di perkuat dengan di bentuknya badan hukum berupaYayasan Al Fatah, dengan akta notaris RM. Soeprapti: 22 tanggal 7 April 1975.

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Banyumas

B. Kegiatan Pendidikan

1. Program-program pendidikan yang ada dilingkungan PP Al Fafah adalah :

a. Raudlotul Athfal ( Taman kanak-kanak)
b. Madrasah Ibtidaiyah (SD)
c. Madrasah Tsanawiyah
d. Madrasah Aliyah
e. Madrasah Diniyah
f. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Kurikulum dimadrasah madrasah tersebut memadukan kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional.

2. Pendidikan non Formal:

a. Pemahaman dan peningkatan berbahasa Arab dan Inggris.
b. Ketrampilan jahit-menjahit, pertukangan, merajut dan merias pengantin.
c. Olah raga sepak bola, tenis meja , bola voli, bela diri, pencak silat dan kempo.
d. Kesenian baca Al Qur’an, Rebana,Qosidah, baca puisi, dan lain-lain.
e. Pengembangan Al-Qur’an Methode Qira’aty

3. Pendidikan Kepesantrenan: mempelajari kitab fiqih (Mabadiul Fiqiyah, Safinatunnajah, Farhul Qarib, Fathul Mu’in) Ushul fiqih (Ilmu Ushul Fiqih, Alluma, Asybah wan Aidloir), Tauhid (Madaijussu’ud, Syu’uhul Uman, al Ushul Hamidiyah), Nahwu (Nahwu Wadlih, Jurumiyyah, Imrithy, Alfiyah), Shorof (Amtsilatut Tashhrifiyah, Maqsud), Ahklaq/Tasawuf (Akhlaqul Banin wal Banat, al Akhlaq, Irsyadul Qur’an, Ihya Ulumiddin), Tafsir (Tafsir Jalalain. Tafsir Al Baidhowi), Hdits (Arbain Nawawi, Lubabul Hadits, Riyadus Sholihin, Shohih Bukhari) Mustholah Hadits (Minkhatul Mughits, Ulumul Hadits wa Mustolahuhu).

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Cilacap 

C. Masyarakat dan potensi wilayah

Pondok Pesantren Al Fatah terletak di sebelah timur kota Banjarnrgara, Tepatnya di Keluarahan Parakancanggah. Lingkungan Pesantren yang mayoritas beragama Islam yang taat menjalankan ibadah dan saling menjaga kerukunan. Mayoritas penduduk sekitar bermata pencaharian petani, pedagang, wirausaha, pegawai negeri, buruh dll

D. Pengelolaan Pondok Pesantren

Pengelolaan pondok pesantren dilakukan oleh Yayasan Al Fatah yang terdiri atas dewan pinisepuh, dewan ketua, dewan sekertaris, dewan bendahara dan di bantu oleh beberapa bidang.

Untuk saat ini, pondok Pesantren Al Fatah di asuh oleh KH, Haysim Hasan, dan pada pengelolaan Yayasan di pimpin oleh KH. Drs. Zainal Abidin Hasan MM, kemudian pada jajaran pinisepuh dan penasehat yaitu KH. Bunyamin Hasan, KH. Sholeh, KH Taftazanidan, KH. Alie Hanan Msi.

Bidang- bidang yang ada dalam kepengurusan yayasan antara lain Bidang Yatim Piatu, Bidang Pembinaan generasi muda, Bidang Dakwah, dan penanggung jawab kegiatan.

Pengurus ini dibantu oleh beberapa perwakilan dan penghubung yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, Surabaya, Jakarta, Kalimantan Tengah dan Arab Saudi.

Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara

E. Ciri Khas

Ciri khas Pondok Pesantren Al Fatah ini adalah lebih takhassus pada kajian bahasa (ilmu alat) dan juga kajian fiqih.

F. Sarana dan Prasarana

Pesantren ini berdiri di atas tanah wakaf seluas tiga Ha. Seluruh tanah wakaf terleh bersertifikat. Di atas tanah seluas tiga Ha tersebut telah berdiri bangunan masjid ,dan didirikan pula bangunan-bangunan sebagai ruang belajar/mengaji sebanyak 30 ruang, kantor yayasan,  ruang asrama putra 35 buah, ruang asrama putri 30 buah, kamar mandi/WC 18 buah, ruang ustadz/guru 4 buah, ruang administrasi 4 buah, laboratorium 1 buah, perpustakaan 2 buah, aula 1 buah ruang/lapangan olahraga 1 buah, ruang ketrampilan 2 buah, ruang kesenian 1 buah, dan telah tersedia pula alat –alat olah raga dan alat- kesenian, seperti set marching band  rebana dan lain-lain.

G. Sumber Dana

Pondok pesantren Al Fatah ditopang oleh dana yang antara lain bersumber dari unit-unit usaha pesantren seperti peternakan, koprasi, dan sumbangan bulana santri. Sedang lainnya berasal dari sumbangan sukarela orang tua/wali santri dan juga sesekali bersumber dari sumbangan luar. Ada pula hasil tanah meskipun tidak banyak. Hasil usaha-usaha kemersial seperti bimbingan ibadah haji dan sebagainya, meski tidak terlalu besar.

H. Program Pengembangan

Pesantren  Al Fatah terus mengadakan pengembangan, baik dalam pengembangan mutu pendidikan yang mengkomparasikan antara Pendidikan Pesantren salaf dengan Pendidikan Modern, akan tetapi juga membangun sarana dan prasarana seperti masjid , asrama/ pemondokan santri,  gedung /ruang sekolah ,perlengkapan bengkel, pos kesehatan pondok pesantren (poskestren) dan sebagainya.  Pengembangan Pesantren sangat bergantung kepada kyai-kyai dan alumni, yang sebagian juga telah mendirikan Pesantren di beberapa tempat.

Source:
– Direktori Pesantren
– Kementrian Agama RI
– Dan sumber lain

         ASRAMA PUTRA

Profil Pondok Pesantren- Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara

                                                                ASRAMA PUTRI

 Profil Pondok Pesantren- Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara



                                                                   MI AL FATAH

Profil Pondok Pesantren- Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara


                                                          MA, SMK AL FATAH

Profil Pondok Pesantren- Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara

Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara

Source: Derectori Pesantren
Info Seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa pembaca kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.