Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Maslakul Huda Pati Jawa Tengah

Benangmerahdasi  – Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Maslakul Huda Pati Jawa Tengah. Kampung Polgarut Utara Kajen Margoyoso Pati Jateng

PONDOK PESANTREN MASLAKUL HUDA PATI

A. PROFIL PESANTREN

Nama : Pondok Pesantren Maslakul Huda
Alamat : Kampung Polgarut Utara Kajen Margoyoso Pati Jateng
Telp : 0295-452383, 452333
Web site : www.maslakulhuda.net
Pendiri : KH. Mahfudh bin Abdus Salam
Tahun Berdiri : 1910
Pengasuh : KH Abdul Ghaffar Rozin.

Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Maslakul Huda Pati Jawa Tengah

Pondok Pesantren Maslakul Huda didirikan oleh KH Mahfudh bin Abdus Salam pada 1910. Pondok Pesantren ini lahir di tengah-tengah pergolakan perjuangan kemerdekaan untuk mengusir penjajah dari muka bumi Nusantara. Lembaga ini berorientasi pada pengembangan Tafaqquh fid din, berusaha mempersiapkan manusia yang saleh melalui pendekatan kognitif, afektif dan psikomotorik.

Di samping pesantren putra, Pondok Pesantren Maslakul Huda juga memiliki pesantren putri. Pemrakarsa berdirinya pesantren putri adalah Dra. Hj. Nafsiyah Sahal, istri KH. MA Sahal Mahfudh. Semula keinginan untuk mendirikan pesantren putri tidak mendapat izin dari suaminya, mengingat beratnya mengurus santri putri. Baru pada 1979 pesantren putri ini didirikan.

Pesantren putri diawali dengan musholla, kemudian ditambah dengan 4 lokal dan menyusul 3 lokal berikutnya. Pesantren ini dibawah naungan Yayasan Nur Salam. Pendirian ini dalam rangka ikut memberikan sumbangsih kepada nusa, bangsa, dan agam. Wujudnya dengan pemekaran ilmu, pembentukan watak, serta kepribadian yang islami. Semua itu demi hilangnya kebodohan dan keterbelakangan serta menjadika insan yang menguasai iptek sekaligus imtaq. Pesantren ini memiliki organisasi kelembagaan sebagai berikut :

1. Pesantren putra ( Maslakul Huda I, 1910)
2. Pesantren putri ( Al Bada’iyyah, 1979)
3. Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat ( BPPM, 1979)

Masing-masing organisasi kelembagaan tersebut memiliki orientasi spesifik. Namun tujuan umumnya adalah tafaqquh fid din dan mempersiapkan insan shalih akrom. Sampai saat ini Pondok Pesantren Maslakul Huda telah mengalami empat kali pergantian pengasuh yaitu : KH. Mahfudh bin Abdus Salam, KH. Ali Mukhtar, KH MA. Sahal Mahfudh (Mantan Ketua MUI) dan KH. Abdul Ghaffar Rozin.

Baca Juga: Profil Pondok Pesantren Ma’had Al Ulum As Syar’iyah Rembang Jawa Tengah

B. CIRI KHAS PESANTREN

Pondok Pesantren yang pengasuhnya adalah mantan ketua MUI ini memiliki sejumlah keunggulan, diataranya :

1. Berperan aktif dala pengembangan intelektual, serta melakukan komunikasi dan kerjasama dengan masyarakat yang diiringi dengan pengejawantahan tata nilai ajaran Islam.
2. Pendidikan sosial kemasyarakatan dengan memberikan batuan sosial untuk masyarakat sekitar.
3. Memberikan pengajaran dasar-dasar Islam dan ilmu syariat.
4. Secara umum, santri mampu mendalami, menghayati dan mengamalkan islam secara utuh.

C. KEGIATAN PENDIDIKAN

1. Pendidikan Formal

Pendidikan dilasanakan secara klasikal dengan metode sorogan dan bandongan melalui ceramah dan diskusi. Penyampaian materi pelajaran dilakukan oleh siswa di depan guru. Pertemuan yang dilakukan adalah dengan O- Form atau U-Form dengan mengutamakan pendidikan intelektual. Adapun mata pelajarannya meliputi :

1. Pelajaran dasar-dasar islam (Aqidah, ilmu alat, ilmu adab)
2. Ilmu Syariat (Fiqih, Qoidah Fiqhiyyah, Tafsir al Qur’an)
3. Nilai-nilai keulamaan

Pengajian/ aktualisasi kitab kuning dengan dialog, diskusi, ceramah ilmiah, bedah kitab, training tabligh, tahfidh al kutub (Alfiyah, nadzam al maqsud, amtsilah at tashrifiyyah, amrithy, tauhid, jauhar maknun, mantiq, faroid)

2. Pendidikan Non Formal

Pondok Pesantren Maslakul Huda menyelenggarakan pengajian seperti :

a) Kailani setiap senin ba’da ‘asar.
b) Mutammimah setiap ahad, senin, rabu, kamis, dan sabtu ba’da subuh.
c) Taqrib setiap ahad, selasa, rabu ba’da ‘asar.
d) Jurumiyyah setiap selasa, rabu dan sabtu ba’da maghrib.
e) Al Qur’an setiap hari ba’da maghrib dan subuh.
f) Risalah al Muawanah setiap sabtu ba’da ’asar.

3. Kegiatan Ekstrakurikuler

Pondok Pesantren Maslakul Huda juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler kursus komputer, manajemen, administrasi dan keuangan, bahasa Arab, praktik pengurusan jenazah, Usaha Kesehatan Pesantren (UKP), pertolongan pertama pada kecelakaa, juga olahraga (bola voli dan tenis meja)

D. PROGRAM PEMBERDAYAAN

Pondok Pesantren Maslakul Huda menyelenggarakan beberapa kegiatan ekonomi dengan unit usaha produktif melalui Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (BPPM). Lembaga ini melakukan berbagai kegiatan antara lain membentuk Kelompok Swadaya Mandiri (KSM) yang bergerak dibidang perdagangan, peternakan, perikanan, pengadaan sarana produksi dan pelayanan modal.

Profil dan Sejarah Pondok Pesantren Maslakul Huda Pati Jawa Tengah

Source :
Direktori pesantren
Kemenag RI

DASI Dagelan Santri Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.