Profil Pondok Pesantren Al Iman Magelang Jawa Tengah

Benangmerahdasi – Profil Pondok Pesantren Al Iman Magelang Jawa Tengah.
A. PROFIL PESANTREN
Nama : Pondok Pesantren Al Iman
Alamat : Jl. Talun Km 1 PO BOX 117 Sedayu Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
Telp : (0293) 587367/585279, Fax : (0293) 587467
Pendiri : KH. Muhammad Yunus Alwan
Tahun Berdiri : 1942
Pengasuh : KH. Juhdan Fathoni, Drs. H. Muhammad Zuhain, S.Ag.

Profil Pondok Pesantren Al Iman Magelang Jawa Tengah

Perguruan al Iman didirikan oleh Ustadz Yunus Muhammad Alwan pada bulan November 1942 di Dusun Beteng Kelurahan Muntilan, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Lokasi ini berada di sekitar 30 km disebelah utara kota Yogyakarta, 12 km sebelah selatan kota Magelang.

Ustadz Yunus adalah alumni Madrasah Alawiyah Arabiyah di Singapura. Setelah belajar di Singapura, Ustadz Yunus melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Termas, Jawa Timur. Sebagai pendiri, beliau telah meletakkan dasar pendidikan dengan sistem salafiyah/tradisional. Dua tahun kemudian, Ponpes ini dilengkapi dengan sistem klasikal, yang telah berjalan selama 21 tahun.

Baca Juga:
Tepat pada 1963, kurikulum Ponpes Al Iman disempurnakan, dengan menganut kurikulum terpadu sebagai penjabaran dari ketentuan Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri (Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negeri). Dengan mengikuti kurikulum tersebut, tamatan dari madrasah di lingkungan Ponpes ini dapat meneruskan ke jenjang sekolah umum yang lebih tinggi.
Pada 26 November 1986, Ustadz Yunus wafat, kemudian Ponpes Al Iman diasuh oleh puteranya yaitu KH. Muhammad Hadi Y,M.A. Untuk menampung santri yang terus membludak, dan karena alasan menghindari “keresahan” antar sesama organisasi keagamaa, lokasi Ponpes ini dipindah dari dusun Beteng, kelurahan Muntilan ke Dusun Patosan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan yang berjarak kurang lebih 500 m dari lokasi yang lama.

Ketika Ponpes ini diasuh oleh KH. Muhammad Hadi, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di Ponpes ini dibentuk Yayasan Pesantren al Iman, di depan Notaris No:027/27 April 1988 dan pengesahan sebagai organisasi kemasyarakatan di bidang sosial dengan No : 429/ORSOS/VL99.

KH. Muhammad Hadi Y, MA wafat tanggal 25 April 2001 dan kini pengasuh Yayasan dipegang oleh Kyai Juhdan Fatoni, sedangkan pengasuh pesantren dipegang oleh KH. Muhammad Zuhairi S.Ag, putra alm. KH. Muhammad Hadi.

B. KEGIATAN PENDIDIKAN

1. Pendidikan Formal : MTs, MA dan Tarbiyatul Muballighin wal Mu’allimin (setara Diploma 1)

2. Pendidikan Kepesantrenan

Kegiatan santri di lingkungan Ponpes al Iman diatur dengan jadwal yang ketat. Setiap hari, para santri harus bangun pukul 04.00 untuk persiapan sholat Shubuh, mandi, berpakaian dan makan pagi.

Pada pukul 06.45 para siswa melakukan apel. Pukul 07.00 – 09.40 para santri belajar di kelas tahap pertama. Pada pukul 10.00 – 13.40 para siswa belajar di kelas tahap kedua.
Setelah itu, mereka melakukan sholat Dhuhur. Pada pukul 14.00 – 15.20 para siswa belajar di kelas tahap ketiga. Setelah itu, para siswa bersiap melakukan salat Ashar, istirahat, belajar mandiri dan melakukan salat Maghrib. Setelah salat Maghrib, para santri istirahat, belajar mandiri, shalat Isya’ dan seterusnya.
Ciri khas yang dimiliki adalah pengembangan keterampilan berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia

C. SARANA PRASARANA

Ponpes Al Iman Magelang memiliki tanah sekitar dua Ha tanah, yang terdiri atas tanah wakaf, tanah dengan hak milik, tanah dengan hak guna bangunan dan ada pula tanah sewa. Di atas tanah tersebut kini berdiri bangunan-bangunan asrama putra, asrama putri, sebuah masjid, lapangan olahraga, perpustakaan, dan lain-lain.

D. PROGRAM PENGEMBANGAN

Kegiatan-kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan PonPes al Iman bertujuan untuk dapat mendukung program pendidikan sekaligus tempat latihan kerja santri. Usaha ekonomi yang ada ialah koperasi pesantren.

Profil Pondok Pesantren Al Iman Magelang Jawa Tengah

Source : direktori pesantren
kemenag RI

Oleh: Shakira Nahal

Profil Pondok Pesantren Al Iman Magelang Jawa Tengah
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.