Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Benangmerahdasi -Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya. Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam  (API) Magelang

A. PROFIL PESANTREN

1. Nama : Asrama Perguruan Islam (API)
2. Alamat : Desa Krajan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
3. Telp : (0293)3149003
4. Pendiri : KH. Chudlori bin Ichsan
5. Tahun Berdiri : 1944
6. Pengasuh : KH. Abdurrahman , H. Ahmad Muhammad
7. Ciri Khas : Fiqih dan ilmu alat.

Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Pondok pesantren salaf dengan nama Asrama Pendidikan Islam (API) didirikan oleh KH. Chudlori bin H. Ichsan di Desa Krajan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang pada 1 Oktober 1944. Bagi masyarakat, nama Desa Tegalrejo lebih populer disebut sebagai nama PP tersebut daripada nama resminya : Asrama Pendidikan Islam.

Kekejaman Belanda semasa perang kemerdekaan II tahun 1948-1949 sangat dirasakan oleh segenap santri dan pengasuh Ponpes ini. Bangunan-bangunan pesantren yang ada beserta kitab-kitab milik para pengasuh pada 1948 dirusak dan dibakar oleh Belanda. Akibatnya, selama satu tahun penuh setelah peristiwa itu, kegiatan PP Tegalrejo mengalami fathrah (vakum), tanpa kegiatan.

Baru pada 1950, oleh KH Chudlori menantu KH Dalhar (pengasuh PP Watucongol), PP Tegalrejo dibangun lagi. PP ini telah banyak melahirkan alumni yang menjadi tokoh masyarakat. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mantan ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama sekaligus mantan Presiden RI tercatat sebagai salah seorang alumni pesantren ini.

Di lingkungan Pesantren Tegalrejo terdapat beberapa buah Ponpes. Diantaranya Ponpes Muttalibin (Pengasuh : Kyai Muthalib, saudara KH. Abdurrahman), Ponpes Tarbiyatun Nisa’ (Pengasuh : KH. Mudrik Chudlori), Ponpes API Putri (Pengasuh : Kyai Damanhuri, menantu Kyai Chudlori Ihsan).

Baca Juga:

Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

B. KEGIATAN PENDIDIKAN

1. Pendidikan sekolah
Program pendidikan yang diselenggarakan sejak dahulu menggunakan sistem klasikal. Bentuk pendidikan yang ada berupa madrasah yang terdiri dari 7 kelas. Kurikulum yang dipakai dari kelas 1 sampai kelas terakhir secara berjenjang mempelajari khusus ilmu agama, baik itu fiqih, aqidah, akhlak, tasawuf dan ilmu alat yang semuanya dengan kitab berbahasa Arab.

Kelas satu sampai dengan terakhir di PP Tegalrejo oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama kitab yang dipelajari. Tingkat I dikenal dengan Jurumiyah Jawan, tingkat II dikenal dengan Jurumiyah, tingkat III dikenal dengan Fathul Qorib, tingkat IV dikenal dengan Alfiyah, tingkat V dikenal dengan Fathul Wahhab, tingkat VI dikenal dengan al Mahalli, tingkat VII dikenal dengan Fathul Mu’in dan tingkat VIII dikenal dengan Ihya’ Ulumiddin.

2. Kegiatan Ekstrakurikuler
Sejak tahun 1993, Ponpes Tegalrejo setiap bulan Ramadhan mengirimkan santri seniornya ke daerah yang membutuhkan mubaligh. Daerah yang sering mengajukan permintaan antara lain daerah Gunung Kidul, Bojonegoro, Sragen dan Banyumas. Selain itu juga terdapat kegiatan bahtsul masail, jam’iyatul quro, dan khotbah komplek.

Kemudian terdapat pertemuan setiap hari senin yang dihadiri oleh alumni. Pertemuan ini dikenal sebagai acara Seninan. Pertemuan mutakhorijin (alumni) diselenggarakan setiap 35 hari sekali yaitu pada hari ahad kliwon. Acara ini lebih dikenal sebagai acara Selapanan.

3. Ciri khas : Ponpes Tegalrejo dikenal dengan sistem salafnya yang mempelajari ilmu fiqih beserta ilmu-ilmu alatnya.

C. PENGADAAN MAKAN SANTRI

Untuk pengadaan makan sehari-hari, para santri secara jam’iyyah membayar iuran perbulan sebesar harga beras/jagung ± 10 kg atau kesepakatan pengurus kamar. Pembayaran syahriyyah ini diberikan kepada seksi jam’iyyah kamar, selanjutnya seksi jam’iyyah membelanjakan serta memasak nasi (atau orang yang ditunjuk).

Adapun untuk sayur dan lauknya, para santri membeli sendiri di kantin-kantin yang tersedia di dalam Pondok. Sedang untuk makan para ustadz dan pegawai, disediakan kantin oleh PP dengan cara membelinya.

Source :
direktori pesantren
kementerian agama RI

Masjid Fajar Falah Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo

 Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Santri Putri

Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Santri Putra

Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Info seputar pondok pesantren dan eduksai santri bisa pembaca kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.