Sembilan Nasehat Dari Walisongo (Pepiling Walisongo)

Benangmeragdasi – Sembilan Nasehat Dari Walisongo (Pepiling Walisongo). Para Walisoongo mempunyai semboyan yang terekam hingga saat ini adalah :

Sembilan Nasehat Dari Walisongo (Pepiling Walisongo)

1. Ngluruk Tanpo Wadyo Bolo / Tanpo pasukan “Berdakwah dan berkeliling kedaerah lain tanpa membawa pasukan”.

2. Mabur Tanpo Lar/Terbang tanpa Sayap “Pergi kedaerah nan jauh walaupun tanpa sebab yang nampak”.

3. Mletik Tanpo Sutang/Meloncat Tanpa Kaki “Pergi kedaerah yang sulit dijangkau seperti gunung-gunung juga tanpa sebab yang kelihatan”.

4. Senjoto Kalimosodo “Kemana-mana hanya membawa kebesaran Allah SWT. (Kalimosodo : Kalimat Shahadat)”.

Baca Juga: Gusti Allah tidak ndeso, Emha Ainun Najib (Cak Nun)

5. Digdoyo Tanpo Aji “Walaupun dimarahi, diusir, dicaci maki bahkan dilukai fisik dan mentalnya namun mereka seakan-akan orang yang tidak mempan diterjang bermacam-macam senjata”.

6. Perang Tanpo tanding “Dalam memerangi nafsunya sendiri dan mengajak orang lain supaya memerangi nafsunya. Tidak pernah berdebat, bertengkar atau tidak ada yang menandingi cara kerja dan hasil kerja daripada mereka ini”.

7. Menang Tanpo Ngesorake/Merendahkan “Mereka ini walaupun dengan orang yang senang, membenci, mencibir, dan lain-lain akan tetap mengajak dan akhirnya yang diajak bisa mengikuti usaha agama dan tidak merendahkan, mengkritik dan membanding-bandingkan, mencela orang lain bahkan tetap melihat kebaikannya”.

8. Mulyo Tanpo Punggowo “Dimulyakan, disambut, dihargai, diberi hadiah, diperhatikan, walaupun mereka sebelumnya bukan orang alim ulama, bukan pejabat, bukan sarjana ahli tetapi da’I yang menjadikan dakwah maksud dan tujuan”.

9. Sugih Tanpo Bondo “Mereka akan merasa kaya dalam hatinya. Keinginan bisa kesampaian terutama keinginan menghidupkan sunnah Nabi, bisa terbang kesana kemari dan keliling dunia melebihi orang terkaya didunia”.

Sembilan Nasehat Dari Walisongo (Pepiling Walisongo)

Semoga bermanfaat untuk kita semua, bagi pembaca yang mempunyai pertanyaan silahkan bisa menulisnya di kolom komentar dan akan di respon sesuai dengan urutan yang ada.

Hasil diskusi kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan eduksai santri bisa pembaca kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.