Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)

Benangmerah DASI
Read Time1 Minute, 24 Seconds

Benangmerahdasi.com – Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56). Melanjutkan  Kajian tafsir yang telah sampai di Surat Adz Dzariyat.

Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat (Ayat: 56)

Bismillaahirahmaanirrohiim.
Allah Ta’ala berfirman:

ﻭَﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖُ ﺍﻟْﺠِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﺈِﻧْﺲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﻥِ

”Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (Surah Adz Dzariyat: 56)

Asbabun Nuzul ayat:
Ketika para malaikat mengetahui bahwa Allah SWT akan menciptakan khalifah di muka bumi (Nabi Adam a.s). Allah SWT menyampaikan perintah-Nya kepada mereka secara terperinci.

Allah memberitahukan bahwa Dia akan menciptakan manusia dari tanah. Maka ketika Dia menyempurnakannya dan meniupkan roh di dalamnya para malaikat harus bersujud kepadanya, Yang harus di fahami bahwa sujud tersebut adalah sujud penghormatan, bukan sujud ibadah, karena sujud ibadah hanya diperuntukkan kepada Allah SWT.

Tafsir Jalalain halaman. 193:

{ ﻭﻣﺎ ﺧﻠﻘﺖ ﺍﻟﺠﻦ ﻭﺍﻹﻧﺲ ﺇﻻ ﻟﻴﻌﺒﺪﻭﻥ { ﻭﻻ ﻳﻨﺎﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻋﺪﻡ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻳﻦ، ﻷﻥ ﺍﻟﻐﺎﻳﺔ ﻻ ﻳﻠﺰﻡ ﻭﺟﻮﺩﻫﺎ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻚ : ﺑﺮﻳﺖ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﻠﻢ ﻷﻛﺘﺐ ﺑﻪ، ﻓﺈﻧﻚ ﻗﺪ ﻻ ﺗﻜﺘﺐ ﺑﻪ…

Artinya:
Pengertian dalam ayat ini sama sekali tidak bertentangan dengan kenyataan, bahwa orang-orang kafir tidak menyembah-Nya. Karena sesungguhnya tujuan dari ayat ini tidaklah memastikan keberadaannya. Perihalnya sama saja dengan pengertian yang terdapat di dalam.  perkataanmu, ”Aku runcingkan pena ini supaya aku dapat menulis dengannya”. Dan kenyataan terkadang kamu tidak mengunakannya..

Baca juga: KajianTafsir surat Al -Baqarah ayat 44-62

Kesimpulannya
Kita sebagai manusia ciptaan Allah, maka seharusnya kita beriman kepada Allah dan patuh atas segala perintah-Nya, kita hendaknya taat  dan tunduk terhadap perintah Allah. Bukan berarti Allah butuh pada kita.

Justru kita yang butuh Allah, justru kita yang melakukan ibadah kepada-Nya. Jika kita membuat murka kepada Allah, maka Allah akan memberi adzab yang pedih kepada kita dan tidak ada seorangpun yang mampu menolak adzab tersebut, dan juga tidak ada seorangpun yang dapat menolong kita untuk menghidari adzhab tersebut..

Wallahu Ta’ala A’lam.

Jember 27-08-2017
Semoga bermanfaat untuk kita semua..

Info seputar pondok pesantren dan edukasi santri bisa pembaca kunjungi di Santridasi.com

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Sejarah Masuknya Islam Pertama Kali Ke Indonesia

Benangmerahdasi – Sejarah Masuknya Islam Pertama Kali Ke Indonesia. Melanjutkan kajian ASWAJA yang telah sampai di bagian yang ke 06 Kitab ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Semoga bermanfaat kajian berikut ini untuk kita semua sebagai pembelajaran dan mengenal kembali sejarah Islam dan Indonesia. Kitab : ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah No     […]

Berlangganan Sekarang