Tarbiyah Tentang Keutamaan Mencari Ilmu Sebelum Meningkah

Benangmerah DASI
Read Time1 Minute, 54 Seconds

Benangmerahdasi Tarbiyah (pendidikan) tentang keutamaan mencari ilmu sebelum meningkah. seperti nasehat ulama’: ”Janganlah engkau (terburu – buru) menikah kecuali setelah engkau tahu bahwasanya engkau sudah mampu untuk bertanggung jawab memenuhi seluruh kebutuhan-kebutuhan istrimu”.

Tarbiyah (pendidikan) Tentang Keutamaan Mencari Ilmu Sebelum Meningkah

BENANG MERAH
NO : 00380
TARBIYAH (PENDIDIKAN)
[ Tentang Keutamaan Mencari Ilmu Sebelum Menikah ]

Hallo Benang merah
WA : 0813 8445 1265
WA : 0899 8605 999

Nasehat ulama yang biasa kita tahu, seperti dalam kitab Asybah wa an Nadzair Tentang Keutamaan ilmu sebelum meningkah:

لا تتوزوج الا بعد أن تعلم أنك تقدر على القيام بجميع حوائجها واطلب العلم أولا ثم اجمع المال من الحلال ثم تزوج, فانك ان طلبت المال في وقت التعلم عجزت عن طلب العلم ودعاك المال الى شراء الجواري والغلمان وتشتغل بالدنيا والنساء قبل تحصيل العلم, فيضيع وقتك ويجتمع عليك الولد ويكثر عيالك فتحتاج الى القيام بمصالحهم وتترك العلم.

Janganlah engkau (terburu – buru) menikah kecuali setelah engkau tahu bahwasanya engkau sudah mampu untuk bertanggung jawab memenuhi seluruh kebutuhan-kebutuhan istrimu.

Carilah ilmu terlebih dahulu, kemudian (setelah punya ilmu) kumpulkanlah harta benda dari jalan yang halal lalu menikahlah.

Jika engkau mencari harta benda di tengah-tengah waktumu mencari ilmu, maka engkau akan lemah di dalam mendapatkan ilmu, karena harta benda selalu mengajakmu untuk terus berniaga dengan orang-orang di sekitarmu, dan engkau akan tersibukkan dengan urusan dunia juga wanita sebelum engkau benar-benar mendapatkan ilmu.

(jika itu yang terjadi) maka waktumu akan tersia-siakan, dan engkau akan mempunyai banyak anak, keluargamu akan menjadi semakin banyak juga. Oleh karena itu, maka engkau akan sangat berhajat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka dan engkau lalu meninggalkan ilmu.

واشتغل بالعلم في عنفوان شبابك ووقت فراغ قلبك وخاطرك ثم اشتغل بالمال ليجتمع عندك, فان كثرة الولد والعيال يشوش البال, فاذا جمعت المال فتزوج.

Sibukkanlah waktumu dalam mencari ilmu pada masa-masa mudamu, pada waktu hatimu masih senggang dari banyak pikiran, kemudian setelah itu (setelah ilmu berhasil diraih), sibukkanlah dirimu untuk mengumpulkan harta benda, karena sesungguhnya banyaknya anak dan keluarga akan mengganggu pikiran. Dan ketika harta sudah kau raih, maka menikahlah.

Dari penjelasan dia atas menjelaskan betapa pentingnya, keutamaan ilmu sebelum meningkah, mempersiapkan lahir maupun batin dengan ilmu untuk mengarungi masa depan dengan keluarga yang di idam-idamkan.

Baca Juga: Fiqih Hubungan suami istri (hukum suami istri bermesraan di tempat umum)

Al-Fiqh al-Manhaji, juz 4 halaman 14 – 17

الأفضل تركه: وذلك إذا كان يجد الأهبة، ولكنه ليس محتاجا إلى النكاح، لأن نفسه لا تتوق إليه، وكان منشغلا بالعبادة، أو منقطعا لطلب العلم، فإن التفرغ للعبادة وطلب العلم أفضل من النكاح في هذه الحالة، لأن النكاح ربما يشغله عن ذلك.

الأفضل فعله: فإذا كان ليس منشغلا بالعبادة، ولا متفرغا لطلب العلم، وهو يجد الأهبة للنكاح، لكنه غير محتاج إليه، فالنكاح في هذه الحالة أفضل، حتى لا تقضي به البطالة والفراغ إلى الفواحش، وبالزواج يحصل له الاستعانة على قضاء المصالح، وإنجاب الذرية، وزيادة النسل

Apabila orang tersebut masih disibukkan dengan belajar atau beribadah, maka lebih baik jika ia tidak menikah, karena jika sudah menikah ia tak akan bisa berkonsentrasi belajar atau beribadah karena disibukkan dengan urusan rumah tangga.

Apabila orang tersebut sudah tidak disibukkan dengan menuntut ilmu dan beribadah, maka lebih baik ia menikah, agar ia tak terjerumus kepada hal-hal yang buruk dan juga dengan menikah ia akan mendapatkan keturunan dan juga membawa beberapa kemaslahatan.

Semoga di pembahan tentang keutamaan ilmu sebelum meningkah ini menambah pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat untuk pembaca dan masyarakat pada umumnya.

DASI Dagelan Santri Indonesia
Santri DASI

Santri

0 0

Tentang Penulis Posting

Benangmerah DASI

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

DASI Dagelan Santri Indonesia

Benangmerahdasi  -Banyak orang penasaran dengan grup DASI Dagelan Santri Indonesia, yang sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna facebook. banyak humor yang di balut dengan pendidikan ilmu ala pesantren disana, serta hadirnya kajian-kajian kitab kuning di setiap harinya dari sejarah aswaja hingga fiqih dan membahas isu-isu menarik di tengah […]

Berlangganan Sekarang